Besarnya Pahala Membaca Al Quran Di Bulan Suci Ramadhan

   Assalamualaikum Wr. Wb

Alhamdulillah di bulan Ramadhan semoga kita masih diberi kesehatan oleh Allah Swt. agar mampu melaksanakan Syahrut Tilawah (bulan membaca Al-Qur’an atau bulan menekunkan diri untuk memahami makna-makna Al-Qur’an). Bulan Ramadhan merupakan bulan yang berkah untuk mendapatkan banyak pahala, karena Allah Swt memberikan discount besar-besaran, mengobral pahala, Allah Swt melipatgandakan pahala kebaikan yang dilakukan setiap manusia hingga 10 sampai 700 kali lipat. Sebagaimana Hadits Nabi Saw. yang artinya:

“Semua amalan anak adam akan dilipatgandakan (balasannya), satu kebaikan akan dibalas dengan 10 sampai 700 kali lipat.” Allah Swt. berfirman: “Kecuali puasa, sesungguhnya itu untuk-Ku, dan Aku yang langsung membalasnya. Hamba-Ku telah meninggalkan syahwat dan makanannya karena Aku.” (HR. Muslim)

Di bulan Ramadhan kita diperintahkan untuk selalu menegakkan ketaatan kepada Allah Swt, di samping melaksanakan kewajiban puasa. Banyak amal ibadah yang kita lakukan sebagai wujud menegakkan bulan Ramadhan, di antaranya yaitu shalat qiyamul lail dan membaca Al-Qur’an. Sebagaimana yang dituliskan oleh Imam Al-Shan’any dalam kitabnya Subulus Salam:

“Menegakkan bulan Ramadhan, yaitu menegakkan malam bulan Ramadhan dengan shalat atau membaca Al-Qur’an.” (Juz II, hlm: 173)

Ketika sudah masuk pada bulan Ramadhan seperti yang kita ketahui semua setiap habis shalat ashar, shalat tarawih, dan bahkan shalat subuh orang-orang berlomba-lomba untuk membaca Al-Qur’an. Di surau dan masjid suara membaca Al-Qur’an silih berganti. Memang membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan berbeda ketika dibaca di sebelas bulan yang lain. Di bulan-bulan biasa ketika membaca satu huruf, kita akan diberi balasan pahala dengan sepuluh kebaikan. Rasulullah Saw. bersabda:

“Barang siapa yang membaca satu huruf dalam kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan setiap kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan. Saya tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Seperti Hadits yang diriwayatkan oleh Muslim di atas, ketika bulan Ramadhan pahalanya akan dilipatkan hingga 700 kali lipat. Semisal, kita membaca ayat pertama dari Surah Al-Baqarah, yaitu alif lam mim (3 huruf), kita mempunyai potensi pahala sebanyak 3 x 700 = 2.100 lebik banyak dibandingkan hari-hari biasa yang hanya 3 x 10 = 30.

Al-Qur’an merupakan kalamullah yang terdiri atas 30 juz, 114 surah, 6.236 ayat dan 1.027.000 huruf. Jadi, jika kita menghatamkan Al-Qur’an selama bulan puasa kita mempunyai potensi pahala sebanyak 1.027.000 x 700 = 718.900.000

Sebagai muslim sejati tentunya kita tidak akan menyia-nyiakan akan datangnya bulan Ramadhan yang datang setahun sekali, dan belum tentu juga bulan Ramadhan tahun depan kita masih diberi umur panjang oleh Allah Swt. Dengan itu, tidak cukup jikalau hanya mengkhatamkan Al-Qur’an hanya sekali saja dalam bulan Ramadhan. Terlebih-lebih ketika malam lailatul qodar. Jangan sampai kita tidak membaca Al-Qur’an ketika malam itu, karena malam lailatul qodar adalah malam yang baik dari pada seribu bulan (83 tahun 4 bulan atau sama dengan 30.415 malam-malam biasa).

Lantas, berapakah potensi pahala yang kita peroleh jika kita membaca Al-Qur’an satu juz ketika malam lailatul qodar?. Kita anggap jumlah huruf dalam satu juz sama, maka 1.027.000 huruf : 30 juz = 34.233 huruf. Jadi, jika kita membaca Al-Qur’an satu juz pada malam lailatul qodar potensi pahalanya adalah 34.233 x 700 x 30.415 = 728.837.686.500. Subhanallah angkanya mencapai ratusan milyar.

Sungguh banyak pahala yang diobral oleh Allah Swt. dalam bulan Ramadhan. Membaca Al-Qur’an saja mempunyai potensi pahala hingga ratusan milyar. Sungguh sangat merugi jika bulan Ramadhan dibiarkan begitu saja berlalu tanpa membaca Al-Qur’an. Mari kita jadikan bulan Ramadhan yang sebentar lagi tiba, kita jadikan ladang ibadah kepada Allah Swt.

   Wassalam Wr.Wb

Sumber: http://blogeulum.blogspot.sg/